Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) kepada Tenaga Kerja



Alat Perlindungan Diri Perlindungan tenaga kerja melalui usaha-usaha teknik berupa pengamanan tempat, peralatan dan lingkungan kerja sangat perlu diutamakan. Alat perlidungan kerja adalah alat-alat yang mampu memberikan perlindungan terhadap bahaya-bahaya kecelakaan (Suma’mur 1991 : 34). Keadaan bahaya masih belum dapat dikendalikan sepenuhnya sehingga perlu digunakan alat-alat perlindungan diri yang memenuhi persyaratan seperti berikut ini : enak dipakai, tidak mengganggu pada saat bekerja, dan memberikan perlindungan yang efektif terhadap jenis bahaya yang ada di tempat kerja.Perlindungan terhadap tenaga kerja perlu diperhatikan sedini mungkin karena tenaga kerja merupakan motor penggerak dari suatu hal yang sudah menjadi keharusan bagi setiap pengusaha agar setiap tenaga kerja senantiyasa dalam kondisi yang aman dan sehat.

Macam Implementasi Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) macam alat perlindungan (Proteksi) diri adalah sebagai berikut :

1. Sarung tangan harus diberikan kepada tenaga kerja dengan pertimbangan akan bahaya-bahaya dan persyaratan yang diperlukan, antara lain syaratnya adalah bebasnya bergerak jari dan tangan. Macamnya tergantung pada jenis kecelakaan yang akan dicegah yaitu tusukan, sayatan, terkena benda panas, terkena bahan kimia, terkena aliran listrik dan terkena radiasi.

2. Sepatu pengaman atau sepatu safety yang melindungi tenaga kerja terhadap kecelakaan yang disebabkan oleh beban-beban berat yang dapat menimpa kaki seperti paku atau benda-benda tajam yang lainnya.

3. Topi pengaman dipakai oleh tenaga kerja untuk melindungi kepala agar terlindungi dari benda-benda yang terjatuh, topi yang digunakan harus cukup kokoh dan keras namun ringan Pelaksanaan keselamatan kerja yang dimulai dari alat perlindungan kerja sudah berjalan dengan baik dimana pengadaan akan alat perlindungan diri bagi tenaga kerja yang diberikan secara cuma-cuma oleh pihak koperasi selain itu pula pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja yang dilakukan oleh koperasi dalam rangka meningkatan kesadaran akan pentingnya alat perlindungan diri akan tetapi masih ada pendapat yang mengatakan bahwa masih ada kesalahan-kesalahan yang terjadi akibat dari kelalaian yang dilakukan oleh tenaga kerja itu sendiri seperti mengabaikan akan pentingnya memakai alat perlindungan diri, membuat alat pelindung diri tidak berfungsi, dan gagalnya tenaga kerja dalam mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh koperasi

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Imam Budianto